twitter
rss

Manfaat Atmosfer
Manfaat atmosfer atau lapisan udara adalah sebagai berikut :
*      memungkinkan terjadinya awan, diman udara mengandung uap air jika mengembun membentuk awan, dan selanjutnya menghasilkan uang.
*      sarana berlangsungnya proses pembakaran, tanpa udara kita tidak dapat menyalakan api, bernafas dan lain sebagainya.
*      menyebabkan suhu bumi tidak terlalu tunggi pada siang hari dan tidak terlalu dingin pada malam hari.
*      melindungi mahluk hidup dari sengatan sinar matahari.
*      melindungi bumi dari hujan meteor.
*      nitrogen dapat berfungsi sebagai bahan pembuatan pupuk kandang.
*      karbon dioksida yang bermanfaat untuk proses fotosintesis pada tumbuhan

 

 

 

 

 

UNSUR GAS YANG TERDAPAT PADA ATMOSFER


Definisi

Atmosfer adalah lapisan udara yang melingkupi sebuah planet, termasuk Bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. Udara merupakan kumpulan berbagai macam gas.

Fungsi Atmosfer

Fungsi Atmosfer, meneruskan energi radiasi matahari, memantulkan energi radiasi matahari, mengabsorp energi radiasi matahari, perlindungan terhadap pengaruh cosmic yang berbahaya, menyimpan dan mendaur ulang nutrisi, pengaturan keseimbangan energi secara lokal dan global, dan pengaturan iklim secara lokal dan global.


Atmosfir merupakan lapisan udara yang terdiri atas banyak unsur gas, seperti nitrogen (N2), oksigen (O2), argon (Ar), dan karbondioksida (CO2) sebagai unsur utama dan unsur lainnya seperti Neon (Ne), Helium (He), Ozon (O3), Hidrogen (H2), Krypton (Kr), Metana (CH4), dan Xenon (Xe). Selain itu, terkandung pula uap air dan partikel lain seperti debu dan garam-garaman yang kita sebut aerosol. Udara di permukaan bumi yang mengandung uap air disebut udara lembab, sedangkan jika tidak mengandung uap air disebut udara kering. 

Komponen Gas Penyusun

Atmosfer bumi terdiri dari berbagai komponen gas, komponen gas penyusun atmosfer bumi dapat dilihat pada tabel berikut:

Usur-unsur gas dalam atmosfer

Unsur Gas
Simbol
Volume
N2
78,08
O2
20,95
Ar
0.93
CO2
0,035
Ne
0,0018
He
0,0005
Ozon
O3
0,00006
H
0,00005
Kripton
Kr
Sangat kecil
Xe
Sangat kecil
CH4
Sangat kecil














Bumi terdiri kumpulan berbagai macam gas. Gas penyusun atmosfer Bumi memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia

1.      Nitrogen

Merupakan unsur gas yang paling besar prosentasenya di atmosfer. Gas nitrogen sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan tanaman. Gas nitrogen sering juga digunakan sebagai bahan dasar industri pupuk.

Nitrogen merupakan suatu bagian dari sel hidup dan bagian utama dari semua protein, enzim dan proses metabolik yang disertakan pada sintesa dan perpindahan energi.
Nitrogen merupakan bagian dari klorofil, pewarna hijau dari tanaman yang bertanggung jawab terhadap fotosintesis.

Membantu tanaman mempercepat pertumbuhannya, meningkatkan produksi bibit dan buah serta memperbaiki kualitas daun dan akar.

Proses Haber-Bosch adalah sebuah proses industri untuk pembuatan amonia dari nitrogen dan hidrogen dengan menggabungkan mereka di bawah tekanan tinggi dalam hadir dari besi katalisator.

2.      Oksigen

Oksigen merupakan unsur gas yang sangat diperlukan untuk pernafasan manusia dan mahluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Komposisi oksigen dalam atmosfer mencapai 21%, oksigen terdapat di perairan terutama perairan laut dangkal dan di daratan sampai batas ketinggian tertentu di atas permukaan air laut, semakin tinggi tempat suatu wilayah dari permukaan air laut, lapisan oksigennya semakin tipis. Karena ada oksigen kita dapat bernafas, menyalakan lilin dan lainnya.

3.      Argon

Argon simbolnya Ar, merupakan elemen gas terbesar ke tiga di atmosfer Bumi setelah unsur gas nitrogen dan oksigen. Nama elemen Argon, diambil dari bahasa Yunani Argos yang artinya tidak aktif, karena Argon tidak mudah ber-reaksi dengan elemen lain. Argon digunakan bersama dengan gas Neon dalam industri listrik untuk mengisi lampu neon. Gas Argon berwarna biru. Lampu neon yang diisi dengan Gas Argon lebih hemat listrik dibandingkan lampu listrik biasa.

4.      Karbondioksida (CO2)

Karbondioksida merupakan gas tidak berwarna, tidak berbau dan gas asam yang ringan. Karbondioksida disebut juga gas asam karbon, molekulnya terdiri dari 1 atom karbon dan 2 atom oksigen, disimbolkan CO2. Karbondioksida sering disebut udara campuran.
Beberapa manfaat Gas Karbondioksida :
·         Karbondioksida digunakan untuk memproduksi Sodium Carbonat Na2CO3, sodium bikarbonat NaHC03 dan bahan kimia lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia.
·         Gas Karbondioksida bersifat tidak mudah terbakar dan dapat melokalisir panas, itu sebabnya digunakan sebagai pengisi tabung pemadam kebakaran.
·         Gas Karbondioksida dibutuhkan dalam pernafasan dan fotosintesis tumbuhan.
Kandungan Karbondioksida dalam jumlah yang banyak di atmosfer dapat menyebabkan polusi udara sehingga menimbulkan gangguan pada pernafasan mahluk hidup, misalnya sesak nafas pada manusia.

Selain memilki efek yang berbahaya, CO2 juga mempunyai manfaat adapun manfaat dari CO2 sediri adalah sebagai berikut:
·        Manfaat CO2 juga dapat kita jumpai pada proses pembuatan roti yang berfungsi sebagai pengembang roti dengan bantuan ragi.
·        Pada proses Fotosintesis
·        Bahan pemadam kebakaran
Karbondioksida yang disemburkan pada api melalui selang pemadam kebakaran tersebut akan segera menyelimuti api, sehingga api tidak akan terkena kontak dengan oksigen sehingga pembakaran akan terhenti, karena pembakaran terhenti, maka api dapat segera padam.

5.      Neon

Neon adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau dan non reaktif. Neon termasuk gas mulia seperti halnya Gas Helium, Argon, Kripton, Xenon dan Radon.
Kegunaan Gas Neon adalah sebagai berikut:
·         Dimanfaatkan untuk lampu neon Kota di malam hari
·         Keperluan iklan
·         Dapat dimanfaatkan untuk indikator tegangan tinggi
·         Dimanfaatkan dalam dunia kedokteran, misalnya untuk membantu melihat hasil rontgen
6.      Helium

Helium berasal dari bahasa Yunani Helios, yang artinya Matahari. Helium termasuk gas mulia, lebih ringan dari udara, sehingga dimanfaatkan untuk pengisi balon gas dan balon udara. Helium juga digunakan untuk bahan bakar yang dapat menggerakan mesin roket.
Hidrogen digunakan pada industri kimia, untuk membuat amonia (NH3), kegunaan amonia antara lain untuk membuat pupuk.
Para ahli metalurgi menggunakan hidrogen untuk memisahkan logam murni dengan oksida, contohnya digunakan untuk menghasilkan lembaran tembaga.

7.      Ozon

Dalam hal desinfeksi / sterilisasi air, teknologi Ozon paling unggul dan sangat efektif. Ozon dapat menghancurkan kuman, bakteri, virus, jamur, spora, kista, lumut dan zat organik lainnya. Selain itu, juga dapat menetralisir zat inorganik/ mineral yang berlebihan/ beracun. Penggunaan ozon tidak menghasilkan zat sisa yang membahayakan kesehatan. Bahkan sebaliknya, akan menambah kadar oksigen dalam air sehingga lebih segar dan sehat.

Selain itu, Teknologi Ozon juga digunakan untuk meningkatkan kualitas air di danau/ tambak/ sungai yang tercemar, dan pengolahan limbah pabrik. Ozon juga menghilangkan bau tak sedap di pabrik/ rumah/ kantor/ mobil seperti bau asap rokok, bau cat, bau karpet baru dsb. Pengobatan ikan dalam akuarium juga telah menggunakan teknologi ozon. Kolam renang dan spa modern menggunakan ozon untuk menjernihkan dan membunuh kuman. Karenanya, iritasi mata/ mata merah sehabis berenang tidak lagi menjadi masalah.

8.      Hidrogen

Hidrogen adalah senyawa yang kita kenal dengan kata air. Sebagai sumber kebutuhan utama dalam kehidupan.

Tubuh manusia terdiri dari sekitar dua-pertiga air. Tidak heran bahwa air adalah bagian integral dari diet yang sehat. Tanpa jumlah yang cukup air, tubuh seseorang tidak menerima cairan yang diperlukan untuk terus berfungsi dengan baik. Hal ini biasanya direkomendasikan bahwa orang harus mengkonsumsi delapan gelas 8 ons (itu 64 ons, atau satu setengah galon) air setiap hari.




Berikut adalah beberapa manfaat utama yang dapat menyediakan air minum:
·        Peningkatan aliran darah - Selain bernapas, minum air banyak cara lain untuk mengkonsumsi oksigen, unsur paling penting bagi kehidupan manusia. darah, pada gilirannya, akan membawa lebih oksigen yang seluruh tubuh.
·        Penurunan jerawat - Minum air membantu keseimbangan minyak yang kita konsumsi dalam makanan kita. Oleh karena itu, banyak dari minyak yang biasanya dikeluarkan melalui kulit dan menyebabkan jerawat sekarang dibuang melalui buang air besar.
·        Peningkatan tidur - Karena tubuh membutuhkan jumlah yang cukup air untuk melakukan tugas apapun, minum juga dapat membantu seseorang tidur lebih baik. Lebih banyak oksigen dibawa ke seluruh tubuh, lebih santai diri sendiri dan membuatnya lebih mudah untuk tertidur dan tetap tidur.
·        Lebih banyak energi - Karena Anda akan lebih rileks dan mendapatkan tidur lebih banyak untuk menyediakan tubuh Anda dengan istirahat yang cukup, Anda akan, pada gilirannya, memiliki lebih banyak energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari Anda.

Jadi, seperti yang Anda lihat, tanpa air, tubuh kita tidak akan mampu menghasilkan air mata, keringat, darah, dan cairan tubuh lainnya. Dengan minum banyak air setiap hari, Anda dapat meningkatkan kehidupan Anda dalam banyak cara.

9.      Kripton

Berbagai bentuk Krypton dengan bentuk emisi/pancaran membuat gas Krypton tampak keputih-putihan, yang berguna untuk lampu bohlam. Gelembung Krypton berguna sebagai fotografi sumber cahaya putih yang bagus. Dengan begitu Krypton digunakan dalam beberapa jenis fotografi yang menggunakan kecepatan tinggi fotografi. Gas Krypton juga dapat dikombinasikan dengan gas lain untuk membuat cahaya berkilauan yang berwarna putih terang.

Saat Krypton bercampur dengan Argon, ketika mengisi gas lampu penghemat energi, Krypton dapat mengurangi voltase dan konsumsi pengeluaran dan menghemat biaya dalam penerangan. Sepeti halnya Argon, Krypton juga digunakan untuk lampu berpijar yang berguna untuk menghangatkan dan mengurangi penguapan.

Krypton bercahaya putih dapat digunakan untuk efek yang bagus dalam tabung gas warna, Krypton juga rapat daya (cahaya ringan). Krypton mempunyai peran penting dalam produksi dan pemakaian laser fluoride Krypton dalam air minum telah menjadi bagian penting bagi masyarakat.

Kripton digunakan bersama-sama untuk pengisi lampu fluoresensi (lampu tabung). Juga digunakan untuk lampu kilat fotografi berkecepatan tinggi.


10.  Xenon

Xenon berasal dari bahasa Yunani, Xenon yang artinya asing. Xenon merupakan gas mulia, tidak berwarna dan tidak berbau, Gas Xenon tidak ber-reaksi dengan elemen lain, sehingga banyak digunakan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan lingkungan pada industri kimia dan indusri elektronik.
11.  Methan (CH4)
Gas Methan terdiri dari Carbon dan Hidrogen. Methan adalah gas yang tidak berwarna berbau, mudah terbakar dan lebih ringan dari udara. Di beberapa planet seperti Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus, methan merupakan komponen besar di dalam atmosfernya.
Methan digunakan sebagai bahan bakar karena Gas Alam yang digunakan sebagai bahan bakar mengandung 85% Gas Methan (CH4), 10% Etane (C2H6) dan selebihnya adalah Propane (C3H8), Butane (C4H10), Pantene (C5H2) dan Alkane.

Kondisi dan manfaat gas dalam atmosfer antara lain:

1.      Nitrogen (N2) jumlahnya paling banyak, meliputi 78 bagian. Nitrogen tidak langsung bergabung dengan unsur lain, tapi merupakan bagian dari senyawa organik.
2.      Oksigen (O2) sangat penting bagi kehidupan, yaitu untuk mengubah zat makanan menjadi energi hidup.
3.      Karbon dioksida (CO2) menyebabkan efek rumah kaca (greenhouse) transparan terhadap radiasi gelombang pendek dan menyerap radiasi gelombang panjang. Dengan demikian kenaikan kosentrasi CO2 di dalam atmosfer akan menyebabkan kenaikan suhu di bumi.
4.      Ozon (O3) adalah gas yang sangat aktif dan merupakan bentuk lain dari oksigen. Gas ini terdapat pada ketinggian antara 20 hingga 30 km. Ozon dapat menyerap radiasi ultra violet yang mempunyai energi besar dan berbahaya bagi tubuh manusia.

3 komentar:

  1. makasih....
    atas Infonya

  1. bagus,,,

  1. Wah,bgus juga nich beritanya

Poskan Komentar